Obat Kencing Manis, Mencret dan Radang Usus serta Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka dan Bisul

Salah satu dari berbagai obat dari tanaman alami yang menjadi Obat Kencing Manis, Mencret dan Radang Usus serta Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka dan Bisul adalah tanaman Adem Ati Hidup. Tanaman Adam hati ini hidup di hutan sekunder pada ketinggian rendah dan menengah di Asian Tenggara. Tanaman ini telah menyebar ke India, Tiongkok Selangan, hingga Australia bagian Utara melalui Negara Malaysia dan Negara Indonesia. 
Adem hati ini dalam bahasa istilah dan nama adalah : 
  1. Sinonim : Litsea chinensis Lamk. Litsea littoralis (L.) Vill
  2. Familia : Lauraceae
  3. Nama Lokal : Madang Kapas (Sunda), Adem Ati, Kapu Ketek, Nyampu Wingka, Wuru Beling (Jawa)


Tanaman Adem Ati berupa pohon yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Batang berkayu dan bercabang-cabang. Daun tunggal, bentul elips, warna hijau, dan berbulu halus. Perbungaan bentuk malai, mahkota bunga berwarna putih, kekuningan. Buat bulat, buat muda berwarna hijau, setelah tua berwarna hitam. Akarnya tunggang warna cokelat muda. 
Adapun Kandungan yang terdapat pada Adem ati adalah minyak astiri, alkaloid (golongan penantrena dan aporpina), tanin, flavonoida dan polifenol. 
Tanaman Adem Ati bisa menjadi resep obat. Berikut adalah cara meramu tanaman Adem Ati untuk mengatasi berbagai penyakit :
1. Kencing Manis
  • Siapkan akar Adem Ati sebanyak 5 gram, daun salam segar sebanyak 4 lembar, dan air 250 ml, kemudian rebus sampai tersisa airnya menjadi 200 ml. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore, setipa minum 100 ml. 
2. Mencret dan Radang Usus
  • Akar Adem Ati 6 gram, kunit segar 6 gram, air 110 ml, kemudian rebus hingga airnya tersisa 100 ml. Minum ramuan ini sekali sehari sebanyak 100 ml. Adapun lama pengobatan diulang selama 3 hari untuk mengatasi mencret. Sedangkan sebagai mengatasi radang usus, kerjakan selama 15 hari. 
3. Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka dan Bisul
  • Kulit kayu atau dau segara Adem Ati secukupnya, kemudian daun sambiloto secukupnya juga serta air secukupnya. Kemudian dipipis sampai berbentuk pasta. Balurkan pasta pada bagian kulit yang sakit hingga merata, sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya pada bagian yang sakit dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat supaya mendapatkan hasil yang sempurna. Perbaharui pasta setiap 3 jam sekali secara berturut-turut. 
Itulah sedikit uraian untuk Obat Kencing Manis, Mencret dan Radang Usus serta Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka dan Bisul dengan menggunakan tanaman Adem Ati.